Posting ini saya ambil dari tulisan John Taylor Gatto dari situs Yes! Magazine. Sedangkan tulisan John Taylor Gatto ini sendiri sebenarnya diadaptasi dari bukunya yang berjudul “Weapons of Mass Instruction”.

Apakah ciri orang terdidik? Apakah ia memiliki gelar kesarjanaan dari perguruan tinggi terkemuka? Atau ia memiliki nilai rata-rata Ujian Nasional di atas 9 untuk tiap mata pelajaran? Ataukah ia adalah orang yang rajin belajar Matematika (karena kalau demikian ia pasti rajin belajar yang lain juga, menurut Jusuf Kalla)? Menurut John Taylor Gatto, bukan itu semua. John Taylor Gatto adalah seorang guru dengan pengalaman mengajar di sekolah formal selama 30 tahun di kota New York, dan bahkan ia pernah memenangkan gelar penghargaan tahunan Guru Terbaik di negara bagian New York. Namun pengalaman mengajarnya justru membuat ia sadar bahwa murid seharusnya menghabiskan waktu lebih banyak di luar kelas daripada di dalam. Membangun karakter dan bergaul dengan komunitas jauh lebih berharga daripada belajar dari textbook atau mengikuti jadwal pengajaran yang kaku. 

Berikut ini adalah karakteristik yang dimiliki oleh orang yang terdidik:

  1. Memiliki prinsip-prinsip dan nilai-nilai pribadi, namun menyadari, memahami, dan menghargai prinsip dan nilai yang dimiliki oleh komunitas di sekelilingnya dan juga oleh berbagai ragam budaya yang ada di dunia.
  2. Menyadari dan mengeksplorasi warisan sejarah, budaya, dan tradisi dari para pendahulunya.
  3. Merasa nyaman saat sendiri (tidak mencari persahabatan konstan melalui hiburan TV, komputer, telepon seluler dan tidak pula persahabatan dangkal yang cepat diperoleh namun cepat pula ditinggalkan), namun memahami dinamika antar manusia serta mampu membentuk hubungan yang sehat dengan sesamanya.
  4. Menerima bahwa tidak ada yang abadi di dunia ini. Menyadari bahwa setiap pilihan yang diambil dapat mempengaruhi generasi-generasi berikutnya.
  5. Menciptakan hal-hal baru dan menemukan pengalaman-pengalaman baru.
  6. Dapat berpikir sendiri, tidak harus selalu disuplai jawaban. Dapat mengobservasi, menganalisa, dan menemukan kebenaran tanpa harus bergantung pada opini orang lain.
  7. Lebih menyukai cinta, keingintahuan, rasa hormat, dan empati, daripada kekayaan materi.
  8. Memilih aktivitas dan pekerjaan yang berkontribusi pada kebaikan dan keuntungan bersama.
  9. Menikmati tempat dan pengalaman baru yang bervariasi, namun memiliki dan mencintai tempat yang bisa disebut “rumah”.
  10. Menyuarakan pendapatnya sendiri dengan penuh rasa percaya diri.
  11. Memberi nilai tambah pada tiap pertemuan dengan orang lain dan pada tiap kelompok tempat ia tergabung.
  12. Selalu bertanya: “Siapakah diriku sebenarnya? Apa saja batasan yang aku miliki? Apa saja kemungkinan yang bisa aku raih?”

Demikian daftar yang dibuat John Taylor Gatto mengenai ciri-ciri orang terdidik. Apakah Anda setuju? Adakah yang kurang atau justru berlebih? Menurut Anda, mana saja dari semua ini yang kita dapatkan di sekolah, mana yang tidak? Bagaimana caranya kita bisa mengajarkan hal-hal ini pada anak/siswa? Saya nantikan opininya. ***