Bincang Edukasi 15 Jakarta [dan Bandung]

February 15, 2013 . by . in Acara Bined . 1 Comments

Bincang Edukasi 15 Jakarta [dan Bandung]

Bincang Edukasi adalah sebuah acara meetup dua bulanan di beberapa kota bagi para penggerak, pemerhati dan pemeduli pendidikan untuk saling berbagi mengenai gerakan, inisiatif dan ide pendidikan yang mereka miliki atau telah jalankan, serta mendiskusikan berbagai topik dan tren terhangat di dunia pendidikan.

Bined-poster-15Bincang Edukasi #15 akan diadakan pada Selasa, 19 Februari 2013, pk 19.30-21.00, bertempat di Pusat Kebudayaan @america, Pacific Place Mall Lt. 3, Jl. Jend. Sudirman Kav 52-53, Kawasan Sudirman Central Busines District, Jakarta Selatan.

Bincang Edukasi #15 kali ini akan berbeda karena membahas topik khusus yaitu Analisa Performa Indonesia di Pemetaan Pendidikan Global TIMSS & PIRLS. Sering kita dengar di berita bahwa performa murid-murid Indonesia di pemetaan pendidikan global semacam TIMSS & PIRLS stagnan di posisi bawah. Sebenarnya apa yang diukur oleh TIMSS & PIRLS? Bagaimana cara pengukurannya? Bagaimana tren performa murid-murid Indonesia? Apa faktor-faktor yang mempengaruhi performa negara dalam TIMSS & PIRLS? Pelajaran apa saja yang bisa kita ambil dari pemetaan TIMSS & PIRLS? Semua ini akan dibahas dalam Bincang Edukasi #15, yang menampilkan para pembicara:

  1. Dr. Suhendra Yusuf | Project Director for International Benchmark Test, Institut Asesmen Indonesia [IAI] | Akan memberikan pengantar tentang pemetaan TIMSS & PIRLS serta performa Indonesia secara umum.
  2. Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro | Guru Besar ITB, Penasehat Akademik Binus University | Akan membicarakan tentang bagaimana Pendidikan Guru seharusnya menyikapi hasil dan analisa TIMSS & PIRLS.
  3. Prof. Iwan Pranoto | Guru Besar ITB | Akan membicarakan analisa performa murid-murid Indonesia dalam TIMSS serta apa pemelajarannya untuk Pendidikan Matematika & Sains di Indonesia.
Acara Bincang Edukasi #15 ini GRATIS dan terbuka untuk siapa saja. Pendaftaran bisa dilakukan melalui http://bit.ly/bined15, atau dengan mengirimkan email ke info@bincangedukasi.com dengan menyertakan nama.Bincang Edukasi #15 juga bisa diikuti secara langsung dengan fasilitasi live streaming dan video conference di Ruang Pelatihan IT, UPT Perpustakaan, Gedung Perpustakaan Pusat, Institut Teknologi Bandung, Jl. Ganesha No. 10, Bandung. Gratis dan terbuka untuk umum.
Informasi tambahan tentang Bincang Edukasi: http://www.bincangedukasi.com atau di Twitter:@bincangedukasi
Tags: , , , , , , , , , , 3026 Views

Kreshna Aditya

Kreshna Aditya adalah inisiator Bincang Edukasi. Ia mengajak beberapa rekannya untuk menginisiasi Bincang Edukasi sejak 2011 sebagai wahana jejaring, amplifikasi dan kolaborasi untuk berbagai inisiatif dan gerakan pendidikan di tingkat akar rumput. Kreshna percaya pendidikan Indonesia sedang bangkit, dan kebangkitan itu dimulai dari masyarakat yang mulai sadar bahwa pendidikan adalah urusan semua orang.

http://kreshna.posterous.com

One Trackback

  1. By Selepas Bincang Edukasi #15 « igeacitta on February 21, 2013 at 10:44 pm

    […] sekali akhirnya saya bisa ikut menghadiri acara Bincang Edukasi bulan ini. Setelah berhasil menembus macet sore di Ibukota, berpeluh keringat campur rintik hujan […]

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*