Post Event Interview with Ainun Chomsun

Bincang Edukasi #2 Jakarta | 27 Juli 2011

 

Pegiat pendidikan, setelah acara Bincang Edukasi 02 [Video], kami melakukan wawancara dengan Mbak Ainun Chomsun, inisiator Akademi Berbagi. Berikut ini petikan wawancaranya.

 

Bisa tolong ceritakan bagaimana latar belakang pendidikan Mbak Ainun?

Latar belakang pendidikan saya Sarjana Akuntansi dari Universitas Islam Bandung lulus tahun 1997, dari SD sampai SMA di Salatiga. 🙂

 

Konsep pendidikan seperti apa yang diterapkan di dalam keluarga Mbak Ainun? 

Keluarga saya mewajibkan seluruh anaknya untuk kuliah (apapun yang terjadi), dan Pendidikan agama tetap yang terpenting. Selain itu kita sih bebas memilih mau sekolah di mana, walaupun ada arahan pastinya.

 

Bagaimana pandangan Mbak Ainun tentang kondisi umum pendidikan Indonesia saat ini?

Kondisi umum sih pendidikan belum terjangkau oleh semua lapisan masyarakat, dan tingkat kualitasnya sangat timpang antara daerah perkotaan dan pedalaman, antara Jawa dan luar jawa. Untuk di kota besar, cukup banyak sekolah yang memadai walaupun beberapa harganya mahal. Jadi akses ke pendidikan yang murah dan berkualitas belum merata.

 

Apakah yang paling urgent untuk diperbaiki dari pendidikan kita saat ini? 

Kemudahan akses pendidikan dan kualitas pengajar.

 

Mengapa memilih jalan perjuangan melalui Akademi Berbagi?

Karena itu yang paling mungkin saya kerjakan dengan segala keterbatasan saya. Karena saya tetap seorang ibu yg harus bekerja, jadi konsep akademi berbagi memudahkan saya bergerak membantu teman-teman yang ingin belajar. Dan teknologi sangat membantu kegiatan ini.

 

Apa saja rencana dan target Akademi Berbagi ke depan? 

Rencana ke depan adalah : memperbanyak volunteers di berbagai daerah dan membekali mereka dengan skill yg cukup untuk mengelola Akber dan mengembangkan di daerah masing-masing, serta membuat sekolah-sekolah khusus dengan konsep Akber di beberapa daerah.

 

Bagaimana caranya bila ada orang yang tertarik dan ingin mendukung Akademi Berbagi?

Bisa bergabung di kami sebagai volunteers dengan mendaftarkan dirinya via email ke : akademiberbagi@gmail.com

 

Apa tips yang dapat diberikan untuk orang-orang yang ingin membangun gerakan pendidikan?

Pendidikan bukan semata-mata sebuah lembaga formal, tetapi proses pembelajaran yang utama. Siapa saja bisa membuat “sekolah” selama di situ ada transfer ilmu atau pengalaman.

 

Apa harapan untuk pendidikan Indonesia ke depannya?

Harapan saya siapa pun bisa mendapat pendidikan dan pembelajaran berkualitas dengan mudah dan terjangkau

 

Menurut Mbak Ainun, bagaimana cara terbaik untuk mencapainya (dari harapan yang telah disebutkan diatas)?

Kalau menunggu pemerintah mungkin lama, jadi siapa saja yang mempunyai misi yang sama bisa berkolaborasi untuk mewujudkan harapan tersebut. Dengan banyak yang berhimpun dan bekerjasama harapan itu lebih cepat terwujud. Karena saya percaya masih banyak orang baik dan pintar di negeri ini. 🙂 ***