rebirth-education-lant-pritchettDalam buku The Rebirth of Education, Lant Prichett mengadopsi konsep Brafman & Beckstrom ttg analogi organisasi “jaring laba-laba” yang menganut sentralisasi dan organisasi “bintang laut” yang menganut desentralisasi.

Analogi jaring laba-laba digunakan karena walau laba-laba menggunakan jaringnya untuk memperluas jangkauan, namun satu laba-laba di pusat jaring lah yang harus memproses informasi yang muncul dari getaran di jaringnya, juga mengambil keputusan dan tindakan.

Sebaliknya, bintang laut, adalah organisme yang berbeda. Banyak spesies bintang laut sebenarnya tidak punya otak tunggal terpusat. Mereka ini organisme yang “terdesentralisasi” dengan jaringan syaraf yang terkoneksi secara longgar. Bintang laut bergerak bukan karena perintah dari otak tunggal, namun karena tindakan “lokal” dari setiap bagian tubuhnya terakumulasi menjadi gerakan.

Dalam banyak negara, sistem persekolahan adalah layaknya jaring laba-laba raksasa yang dikendalikan pemerintah. Sistem birokrasi top-down ini berusaha mengendalikan seluruh sistem dari tingkat nasional atau propinsi, menentukan sekolah mana yang harus dibangun, guru mana yang harus bertugas di sekolah mana, dan subjek apa saja yang perlu diajarkan. Sistem jaring laba-laba sangat kuat dalam tugas-tugas logistik, seperti penyebaran sekolah.

Namun, saat ini telah banyak diakui bahwa banyak masalah pendidikan bukanlah sekadar masalah yang bersifat logistik. Sistem jaring laba-laba yang secara ekstrem berusaha memaksakan memecahkan semua masalah pendidikan dengan paradigma logistik terpusat hanya akan menemui kegagalan.

Berikut ini adalah perbandingan antara sistem bintang laut dan sistem jaring laba-laba berdasarkan beberapa fiturnya. Tentu saja dikotomi dalam perbandingan ini dilakukan secara ekstrem untuk mempermudah pemahaman tentang perbedaan kedua sistem. Pada kenyataannya, terdapat spektrum yang luas antara kedua sistem Ada negara yang menerapakn sistem pertengahan, tersentralisasi di beberapa elemen, terdesentralisasi di elemen lainnya.

Keterbukaan

Bintang laut: Model sekolah dan satuan pendidikan yang beragam. Pendekatan unik bukan hanya dijinkan, tapi bahkan didorong untuk berkembang.

Jaring laba-laba: Hanya sekolah yang berada dalam kendali “laba-laba” [penguasa] yang mendapat dukungan.

Operasional Lokal

Bintang laut: Para pegiat pendidikan mendapat otonomi untuk menjalankan, mengeksplorasi dan menemukan cara beroperasi mereka sendiri.

Jaring laba-laba: Ada usaha untuk memegang kendali bukan hanya terhadap hasil dan parameter umum, namun juga sampai pengendalianoperasional harian di tingkat sekolah.

Tekanan Kinerja

Bintang laut: Kombinasi standar umum dan pengukuran untuk akuntabilitas. Ringan pada akuntabilitas hasil yang dituntut dari atas, dan lebih berfokus pada akuntabilitas proses di sekolah dan keterlibatan komunitas berdasar panduan yang dikembangkan dari bawah.

Jaring laba-laba: Sistem dikendalikan secara birokratis dengan akuntabilitas yang ringan pada input dan proses, ada usaha isolasi dari kendali lokal dan tidak ada penekanan pada pembelajaran.

Jejaring Profesional

Bintang laut: Guru/pendidik, sebagai kunci dari sistem, “mengakar” di sekolah namun didorong berjejaring secara horizontal dengan komunitas pendidik untuk bertukar praktik baik dan profesional.

Jaring laba-laba: Guru diorganisir secara hierarkis, baik oleh manajemen top-down dari pemerintah, juga manajemen top-down dari organisasi profesi guru.

Dukungan Teknis

Bintang laut: Sistem memberikan dukungan pada sekolah dan guru dalam mengembangkan kapabilitas mereka untuk meraih kesuksesan.

Jaring laba-laba: Sistem menyediakan pengawasan terhadap kepatuhan pada standar, bukan dukungan dan pemberdayaan terhadap inovasi.

Fleksibilitas Pembiayaan

Bintang laut: Pembiayaan diberikan mengikuti siswa dan kinerja. Penentuan alokasi pembiayaan lebih banyak ditentukan oleh lokal.

Jaring laba-laba: Pembiayaan dialirkan secara internal langsung kepada guru/sekolah, tak memperhatikan faktor kinerja.

 

Bab Pendahuluan dari buku The Rebirth of Education dapat dilihat di tautan ini.