Bukan tentang kemauan, namun banyak anak Indonesia yang tak memiliki akses memadai ke sumber-sumber pengetahuan, ujar Budi Setiawan, penggagas Indonesia Bercerita yang lebih akrab disapa Bukik.
Indonesia begitu beragam. Kehidupan biasa di suatu daerah bisa menjadi cerita ajaib di daerah lain, karena setiap kehidupan adalah cerita. Setiap kehidupan melahirkan cerita tentang kisah uniknya sendiri. Kita adalah cerita tentang kita, Indonesia adalah cerita tentangnya.
Setiap orang yang bercerita mengonstruksi diri dan masyarakatnya. Kita semua bercerita, melibatkan emosi dan pikiran, melepaskan diri, masuk ke dalam suatu kisah; kisah yang dimaknai melalui pengalaman yang diceritakan dari generasi ke generasi.
Otak bukanlah pengolah kata: otak adalah pengolah imaji, yang tercipta dari untaian kata, semburat warna, deretan angka, dan berbagai pengalaman. Maka imajinasikan, bercerita digunakan untuk mendidik anak Indonesia. Apa jadinya? Ceritakan ulang kebaikan masa lalu dan masa kini yang berpadu dengan impian masa depan Indonesia!