April 8, 2011 . by . in . 0 Comments

About Bined

Pendidikan adalah kehidupan. Mencerdaskan kehidupan bangsa menjadi cita-cita para pendahulu kita. Dari Budi Utomo hingga Kartini, dari Ki Hajar Dewantara hingga Soekarno; mereka semua adalah para pendahulu kita yang memperjuangkan kemerdekaan dari kebodohan dan kebebasan untuk meraih pendidikan.

Enam puluh lima tahun kita merdeka dari penjajahan bangsa asing, namun kita masih tertindas oleh kebodohan dan kemiskinan akan pendidikan. Sebagian besar masyarakat masih terjebak dalam paradigma bahwa pendidikan hanya sebatas diajarkan di sekolah-sekolah formal. Pendidikan hanya sebatas diajarkan oleh guru-guru berijazah. Pendidikan hanya sebatas dievaluasi oleh serangkaian tes dan ujian. Para orangtua menyerahkan begitu saja tanggung jawab untuk mendidik kepada sekolah. Guru-guru menjadikan mengajar sebagai rutinitas belaka. Para pelajar menghabiskan bertahun-tahun keluar masuk gedung sekolah tanpa merasa memperoleh pendidikan yang sebenarnya.

Sistem pendidikan Indonesia pun demikian. Kurikulum berganti-ganti rupa namun tak menunjukkan gelombang perubahan yang berarti. Dunia persekolahan formal menjadi pabrik pemroduksi lulusan-lulusan berijazah. Adopsi praktek pendidikan ditempelkan begitu saja, melupakan konteks. Pendidikan kesadaran dan pendidikan karakter terlupakan. Serta pemaknaan terhadap pendidikan, direduksi menjadi mekanisme belajar di sekolah formal belaka.

Kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi anak Indonesia menjadi perlu bagi seluruh pihak, termasuk orangtua dalam mendidik dan berinteraksi dengan anak. Alternatif-alternatif persekolahan dan ide-ide pendidikan baru perlu diperbincangkan di antara semua orang yang peduli akan kemajuan Indonesia. Sehingga menjadi peran Bincang Edukasi untuk memfasilitasi semangat berbagi ide-ide segar mengenai alternatif pendidikan Indonesia.

Bincang Edukasi diadakan dengan beberapa tujuan:

  • Sebagai sebuah wadah tempat para pegiat edukasi membentuk jaringan dan saling membantu dan memperkuat gerakan.
  • Untuk menyebarkan ide, konsep dan gerakan perbaikan kualitas pendidikan Indonesia kepada masyarakat luas.
  • Sebagai wadah diskusi para pegiat edukasi mengenai topik dan masalah pendidikan terkini dan terpenting untuk dicarikan solusi yang membumi dan langsung dapat diaplikasikan oleh masyarakat tanpa harus melalui sistem birokrasi pendidikan Indonesia.
  • Untuk memberi inspirasi kepada mereka yang memiliki kepedulian pada pendidikan agar berani berkontribusi langsung kepada perbaikan kualitas pendidikan Indonesia dengan kemampuan yang mereka miliki.

 

Post a Comment

Your email is never published nor shared. Required fields are marked *

*
*